PEMBUATAN IRIGASI UNTUK LAHAN PERTANIAN

Loonuna.desa.id pembuatan irigasi di Toi dusun purlolo desa loonuna di bangun karena area tersebut adalah area yang banyak digunakan untuk bertani oleh masyarakat desa loonuna. Irigasi dibuat untuk mengairi lahan pertanian masyarakat berupa kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai dan sayur-sayuran yang notaben nya adalah penghasilan masyarakat di desa loonuna. Pembuatan irigasi yang sudah mencapai 90% ini sangat membantu masyarakat. Masyarakat tidak harus menunggu musim hujan untuk bercocok tanam. masyarakat bisa menggunakan fasilitas yang sudah diberikan oleh pemerintah desa menggunakan Anggaran Dana Desa.

Sebelum adanya irigasi tersebut masyarakat sulit untuk mengairi lahan mereka dikarenakan jangkauan air yang jauh. Masyarakat mengairi lahan pertanian mereka dengan menggunakan Motor Air, sedangkan motor air yang ada di desa ini minim sekali, sehingga masyarakat kewalahan untuk mengairi lahan mereka.

Ditemui salah satu petani cabai di Toi mengatakan bahwa dengan dibuatnya irigasi tersebut para petani merasa senang karena kedepannya mereka tidak kesusahan untuk mengairi tanaman mereka.

photo_liputan Ria Imeldha

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan