KADER KESEHATAN SEKOLAH ” MENYEHATKAN INDONESIA DARI SEKOLAH “

loonuna.desa.id :// 2 Mei 2017 : Perayaan Hari Pendidikan Nasional  dirayakan Setiap Tahun tepatnya Pada tanggal 2 Mei. Tidak Ketinggalan  Kecamatan Lamaknen Selatan yang Terletak di Batas Negara RI dan RDTL juga merayakan  HARDIKNAS  dengan serangkaian kegiatan perlombaan terkait pendidikan se-Kecamatan. Namun berbeda di tahun 2017 ini, tidak hanya perlombaan pendidikan saja, namun ada perlombaan terkait kesehatan. Apakah itu? Pada serangkaian kegiatan peringatan HARDIKNAS, Tim Nusantara Sehat Puskesmas Nualain batch II 2016 menambahkan kegiatan-kegiatan perlombaan seputar kesehatan diantaranya Lomba Penyuluhan Kesehatan, lomba Yel-yel Kesehatan, Lomba TOGA (Taman obat keluarga) dan lomba Sekolah Sehat. Lomba-lomba ini dilaksanakan atas tindak lanjut dari pembentukan Kader Kesehatan Sekolah di tingkat SD, SMP dan SMK se-Kecamatan Lamaknen selatan yang telah dibentuk sejak November 2016.

Pembentukan Kader Kesehatan Sekolah (KKS) bertujuan membentuk siswa/kader menjadi penyambung lidah petugas kesehatan untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan kepada teman-temannya dan orang-orang baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Selain dilatih untuk dapat memberikan penyuluhan kesehatan dasar, siswa juga dilatih memberikan pertolongan pertama, menanam dan memanfaatkan tanaman yang ada di TOGA.

Setiap kader memiliki tanggung jawab materi yang disebut dengan Duta. KKS di tingkat SD berjumlah 8 orang yang terdiri dari Duta Kantin Sehat, Duta Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan), Duta Basmi Jentik Nyamuk, Duta Gizi, Duta CTPS, Duta Olahraga, Duta Buang Sampah Pada Tempatnya, Duta Bebas Asap Rokok. KKS di tingkat SMP dan SMK berjumlah 6 orang yang terdiri dari Duta Kespro (Kesehatan Reproduksi), Duta Gizi, Duta PHBS, Duta P3K, Duta Bebas Asap Rokok, Duta TOGA.

Selain kegiatan perlombaan, peringatan hari pendidikan nasinal juga diisi dengan kegiatan CTPS  (cuci tangan pakai sabun) massal yang dipandu oleh kader kesehatan sekolah. Setelah seluruh kader sudah selesai memberikan contoh CTPS yang baik dan benar, selanjutnya para petinggi ppejabat terkait mulai dari Camat Lamaknen Selatan, Sekretaris Camat Lamaknen Selatan, Pengawas PPO, Seluruh Kepala Desa se-kecamatan lamaknen selatan, Babinsa serta komandan pos PAMTAS dari 3 pos perbatasan RI_RDTL.

Kader Kesehatan Sekolah diharapkan menjadi penyalur informasi kesehatan ke sekolah yang pada akhirnya akan menjadikan sekolah lebih sehat sesuai dengan semboyan Kader Kesehatan Sekolah “menyehatkan Indonesia dari sekolah.”

Foto dan Tulisan : Eka Wulandari, S.Tr.Gz

Tim Nusantara Sehat Batch II 2015, Puskesmas Nualain

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan