Diarak Ratusan Warga, Yustinus Loko Bau Optimis Pimpin Lamaknen Selatan

loonuna.desa.id : Piebulak 23 Maret 2017 Ada yang berbeda hari ini di Piebulak. Ada kemeriahan, ada kerumunan warga memadati Pusat kecamatan Yang berbatasan langsung dengan Timor Leste ini. Kemeriahan ini adalah puncak dari acara temu pisah antara camat yang lama Yosef Bere Lelo,S.Sos dengan pejabat yang Baru Yustinus Loko Bau,SE.

Bermula dengan penyambutan oleh warga di batas antara desa duarato kecamatan Lamaknen dan desa Nualain kec.Laksel, Puluhan Sepeda motor mengarak rombongan menuju Piebulak. Sepanjang jalan Warga melantunkan Syair Loro Saen sambil mengarak sang pemimpin Idaman, Kondisi ini memang baru terjadi dalam tradisi Kecamatan Lamaknen Selatan dimana seorang Camat diarak Bak Pahlawan yang baru kembali dari medan perang. Iya memang Loko Bau adalah Figur yang  tunggu-tunggu oleh warga Kecamatan Lamaknen Selatan.

Prosesi penyambutan masih berlanjut saat rombongan tiba di Piebulak, Ratusan warga dan Para kepala Desa serta Sekretaris desa Telah meninggu di Lapangan Piebulak. Tarian Penyambutan dibawakan dengan sangat heroik oleh siswa SMPN Piebulak, rombongan yang terdiri dari Mantan Camat ,  Camat Baru dan Sekretaris Camat Marius D.Mau Bele pun di kalungkan dan di sambut dengan sapaan Adat Oleh Makoan, acara yang dihadiri oleh Kapolsek Lamaknen, Babinsa, Danpos Satgas Pamtas Pauk dan Lakmaras, para Kepala Sekolah SMK, SMP dan SD,  para guru serta Ratusan warga Laksel ini berlanjut dengan Misa Syukur  yang Dipimpin oleh romo Ino dibawah “Tema Belajar Dari Salib Kristus”. Dalam perayaan misa ini Juga Imam Romo Inosensius Nahak Berek.Pr juga melakukan pemberkatan gedung kantor Camat dan Aula kantor Camat yang Baru.

Camat Yus Loko ( Begitu sapaan Akrabnya) mengaku kaget dan tidak menyangka akan mendapat sambutan sedemikian meriah dari warga Laksel, tuturnya ia dan rombongan awalnya dicegat di Desa Duarao kemudian didandani dengan pakaian adat kemudian diarak, Ini merupakan bentuk dukungan yang luar biasa bagi saya, saya yakin sinergitas semua lini akan terbangun dengan baik sehingga kita bersama akan membawa Lamaknen Selatan menjadi lebih baik lagi, Kita jadikan Laksel menjadi Tempat yang ingin didatangi oleh semua orang, kita beraama sama kita rubah pandangan orang bahwa Laksel adalah tempat pembuangan, tegas Loko Bau. Sementara itu Mengenai apa program kerja yang akan dijalankan selama memegang kendali 01 Lamaknen Selatan Yus Loko Bau memaparkan Dalam Sebuah Gerakan Desa Madiri (Garda Mandiri) melalui strategi O3, yakni

1. Optimalisasi Hukum Adat yang Bernilai Positif

2. Optimalisasi Lahan Pertanian, Peternakan dan Pariwisata dengan target setiap desa memiliki produk unggulan,

3. Operasi penanaman Sejuta pohon/Desa Hijau.

Selain ketiga strategi itu Camat Yus juga akan mendorong semua desa untuk mengembangkan Sistem Informasi Desa  dan Kawasan ( Sidekka) berbasis web desa.Kita akan bangun kerjasama dengan Stake Holder terkait agar sistem yang sudah ada di Desa Lutharato dan Di Desa Loonuna bisa menyebar ke Semua Desa di Kecamatan Lamaknen Selatan.

Senada dengan Yus Loko, Yosef Bere Lelo yang meninggalkan posisi Camat Lamaknen Selatan menjadi Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan juga berjanji akan mendukung setiap kegiatan yang akan di laksanakan oleh Camat penggantinya.

Acara Temu pisah berakhir dengan Santap siang Bersama di Kantor Camat Lamaknen Selatan. Dari Antusisaisme warga serta kemeriahan dan kebersamaan hari ini Bukan tidak mungkin Wajah Lamaknen Selatan akan berubah lebih baik. semua pihak Bersinergi untuk membawa Sebuah Optimisme bahwa ditangan Loko Bau Laksel akan lebih baik.

Foto dan Liputan : S.Lebo Eduard.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan