Piebulak Pesona Keindahan Nusantara di Batas Negeri

picture6sideka:loonuna.desa.id. Udik,  Gersang  dan kering itulah kesan pertama yang akan muncul di pikiran orang bila berbicara tentang Desa yang satu ini. Betapa tidak Desa yang terletak di Perbatasan Timor leste ini memang menghadirkan panorama padang savana nan gersang waktu musim panas tiba. Bagi sebagian orang Tempat ini menjadi tempat yang sangat jauh dari keramaian, namun tidak bagi kami warga loonuna.

Untuk mencapai desa ini diperlukan waktu sekitar 3 sampai 4 jam dari kota kabupaten dengan menempuh perjalanan darat dengan kendaraan. Jalanan berbatu , berlobang dan tanjakan akan menjadi tantangan yang siap menantang di sepanjang jalan. Namun dibalik kesan yang kurang baik itu tersaji sebuah kenikmatan yang akan memanjakan mata anda ketika sudah mencapai Bukit Piebulak. Kampung yang terletak di Desa Loonuna ini menjadi ibu kota kecamatan Lamaknen Selatan menawarkan sebuah pengalaman yang tidak akan dilupakan,  Hamparan Padang rumput hijau, bukit si’at yang penuh sejarah serta satu lagi yang hanya anda temui di Loonuna, Bisa berselfie ria dengan latar belakang Negara Timor Leste. Tidak hanya itu ada juga satu tempat yang menjadi target pengunjung yakni Bukit Salib, tempat berlangsungnya Upacara Ritual Keagamaan bagi Warga katolik setiap Tahun dalam mengenang Wafatnya Isa Almasih. sungguh menakjubkan.

Sebagai Desa   Ibukota Kecamatan fasilitas publik yang terdapat di desa ini sudah cukup meadai, terdapat Sebuah Kapela, Pos Kesehatan Desa , Pos Satgas PAMTAS RI – RDTL , Serta Fasilitas Pendidikan berupa 3 Sekolah dasar, Satu Sekolah Mengah Pertama  serta SMK Negeri Perbatasan.

Bagi yang ingin berwisata Tempat ini  layak  dikunjungi. :// Caritas Virginio.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan